Senin, 15 Agustus 2016

KONFIGURASI HOTSPOT DI MIKROTIK RB941

Tags

Assalamualaikum wrwb

Kali ini saya akan berbagi sedikit tentang bagaimana konfigurasi hotspot di mikrotik khususnya di RB941.


1.PENGERTIAN

Salah satu fungsi mikrotik yang umun paling banyak digunakan adalah fitur hotspot.Dimana fitur ini berfungsi agar dalam satu buah alat dapat digunakan oleh banyak orang dan dapat saling berkomunikasi dalam satu jaringan.
Untuk lebih jelas tentang pengertian mikrotik silahkan klik disini.

2.LATAR BELAKANG

Dengan banyaknya user yang ingin menggunakan internet namun terkendala dalam alat maka dengan adanya fitur  hotspot ini sangat membantu karena dengan  ini maka dapat lebih banyak host atau user yang bia terhubung ke internet.Selain itu misalnya saat kita didalam suatu instansi saat bekerja dan banya karyawan yang membutuhkan koneksi internet maka ini juga dapat menghemat biaya,daripada kita menggunakan kabel untuk tiap orangnya  maka akan sangat lebih baik kita menggunakan fitur ini.

3.MAKSUD DAN TUJUAN

Agar dapat lebih banyak host yang terhubung ke internet walaupun hanya dengan satu alat dan juga agar nanti bisa memudahkan kita dalam bekerja,seperti yang tertera diatas.

4.ALAT DAN BAHAN

-Laptop
-Mikrotik (disini saya menggunakan mikrotik RB941)
-2 buah kabel straight
-sumber internet (disini saya menggunakan dial out/kabel PPPoE) dari BLC TELKOM.
-Software  winbox

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dikerjakan dalam waktu 20-30 menit dalam tahap belajar dan memahami tujuannya. 

6.TAHAP PELAKSANAAN

1.Setelah kita masuk ke winbox kita,kita pilih menu:

IP -> Hotspot


2.Selanjutnya pada submenu server kita klik Hotspot setup dan pada hotspot interface nya dapat kita isi denga Eth atau pun Wlan1,dan kali ini saya menggunakan Wlan1.lalu klik Next.
 

Masih dalam hotspot setup kita next terus hingga nanti kita harus mengisi DNS name.Dan ini adalah alamat yang digunakan untuk kita login nanti yang diketik URL.

 Selanjutnya pastikan pada select sertifikat-nya kita pilih NONE.Dan saat nanti kita diminta untuk mengisi usename dan password kita boleh mengisi atau pun tidak.


3.Lalu kita ke submenu selanjutnya yaitu pada server profile,double klik hotspot yang kita buat dan centang pada HTTP PAP dan HTTP CHAP serta hilangkan tanda centang pada cookie.ini dimaksudkan agar nanti siapa pun yang ingin login harus memasukan username dan password.


 4.Untuk submenu selanjutnya yaitu user profiles,disini kita menentukan grup dengan  IP tertentu yang mana hanya satu orang yang dapat connect keinternet melalui IP tersebut dan disini kita juga dapat me-limit penggunaan bandwidth-nya.Pada Shared user kita menentukan berapa jumlah user yang berada dalam grup yang dibuat.


5.Beralih kemenu user,dan disini kita menentukan siapa saja yang dapat connect internet dengan IP tertent yang hanya bisa dipakai oleh dia sendiri,sesuai dengan jumlah user yang kita buat sebelumnya.Disini kita menentukan Username dan Password untuk login nanti.


 Dan ini contoh hasilnya.


 6.Setelah itu semua kita berpindah pada menu:
Wireless -> submenu wreless,lalu double klik hotspot kita.


 Selanjutnya isi sepert berkut:

mode                 :ap bridge (sebagai pemancar)

Band                 :2GHz-B/G/N (ini adalah band yang paling bagus) namun untuk  laptop-laptop yang terdahulu seperti axioo atau zyrex belum suport untuk ini.

Channel width  :20MHz (ini juga channel yang standar dapat digunakan oleh semua perangkat) karena jika kita menggunakan yang channel lain maka hanya laptop tertentu yang dapat menggunakan.

Frequency         :2462 (ini adalah pemilihan untuk sgnal,dan yang mana yang paling sedikit digunakan atau belum digunakan maka itu adalah yang paling bagus dan terdekat.Untuk mengetahuinya dapat kita lakukan scan.

SSID                  : (sesuai kenginan) ini yang akan tampil pada saat orang mencari  wifi kita.


Untuk pengetesan kita lihat pada kumpulan wifi yang tersedia,namun apabila saat kita lihat belum tampil nama hotspot yang kita buat coba disconnect wifi anda lalu connect kan kembali.


7.Lalu kita ketikkan pada URL browser kita sesuai dengan DNS name yang kita buat tadi.silahkan masukan username dan password.Dan anda sudah siap menggunakan internet.


 7.HASIL

Saya berhasil membuat hotspot dan telah digunakan bersama teman-teman untuk dapat terkoneksi ke internet melalui hotspot yang dibuat.Untuk teman-teman semua jika ada troubleshouting saat konfigurasi silahkan tulis di comment kita pecahkan bersama-sama.

8.KESIMPULAN

Seperti yang saya sampaikan dipostingan saya sebelumnya bahwa dengan alat yang mungkin tidak terlalu menjadi barang langka kita dapat membuat hal-hal yang luar biasa dan namun tentunya itu semua dikembalikan pada diri masing-masing apakah mau mendalami atau belajar lanjut tentang mikrotik ini atu tidak.

9.REFERENSI

-Ebook Materi mikrotik MTCNA

TERIMAKASIH
 TELAH BERKUNJUNG

1 komentar so far

kok gak masuk ke halaman login ya gan


EmoticonEmoticon