Minggu, 04 September 2016

MERUBAH PASSWORD LOGIN MOODLE TANPA HARUS MENGIKUTI PERATURAN DEFAULT (PART 2)

Tags

Assalmualakum wrwb..

Kali ini kawan saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengubah password login moodle tanpa harus mengikuti aturan defaultnya.

1.PENGERTIAN

MOODLE (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning.Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU.Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

Intinya moodle ini banyak digunakan untuk pembelajaran biasanya digunakan di instansi-instansi pendidikan dari sekolah menangah pertama hingga universitas.
pembelajaran berbasis web ini meskipun kebanyakan dibuat di localhost dan hanya diperuntukkan di suatu instansi saja.Namun tidak sedikit juga yang membuat moodle  ini online agar bisa diakses oleh semua orang.

2.LATAR BELAKANG

Dengan banyak mungkin keluhan dari para user karna setiap kali login harus memasukan password dengan beberapa aturan,seperti harus ada angka,huruf besar dan huruf kecil yang ditentukan dari moodle itu sendiri.Dan mungkin dari teman-teman semua banyak menggunakan berbagai macam CMS dan harus banyak mengingat password tiap CMS nya.Nah kali ini ada solusi untuk membantu anda agar lebih mudah mengingat password di moodle.

3.MAKSUD DAN TUJUAN

Untuk memudahkan para admin jika tidak ingin repot memasukan password yang punya beberapa aturan dan agar lebih mudah mengingat password login nya.

4.ALAT DAN BAHAN

-Laptop
-CMS moodle

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dilakukan 10-20 menit dalam tahap belajar.

6.TAHAPAN PELAKSANAAN


1.Pertama masuk ke CMS Moodle anda


 2.lalu pilih site Admnistration -> security -> site policies


3.Selanjutnya  akan tampil seperti ini.itu adalah tampilan aturan default dari moodle nya.


4.Lalu rubah semua angka 1 menjadi  angka 0,dan kita juga bisa menentukan jumlah minimal password kita.contoh dibawah ini.setelah selesai klik

 Save changes.
 

5.Selanjutnya kita coba ganti password kita,pilih pengaturan admin yang berada dipojok kanan -> preferences -> change password.
 

6.lalu silahkan ganti password anda sesuai keinginan dan aturan yang kita buat tadi.


7.HASIL

Saya dapat merubah password login moodle saya dan memudahkan saya untuk mengingat passwordnya.

8.KESIMPULAN

Mungkin banyak orang yang berfikir ini sepele dan tidak terlalu penting namun kita harus selalu sadar bahwa tidak ada ilmu yang sepele dan terkadang banyak hal sepele yang sepele namun tidak kita ketahui.

9.REFERENSI

-EBOOK TKJ

TERIMAKASIH
TELAH BERKUNJUNG


EmoticonEmoticon